Thursday, July 19, 2012

Puasa Pertama


Kebiasaan Indonesia beberapa tahun terakhir ini, ya ribut masalah kapan jatuhnya hari pertama puasa sama jatuhnya lebaran. 

Padahal waktu aku masih kecil kayaknya kagak pernah deh ribut gini, suasana ramadhan juga terasa banget apalagi malam lebaran, menurutku itu adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu anak kecil di Surabaya, takbiran keliling, main petasan, begadang, kumpul keluarga besar. Tapi sekarang, kayaknya suasana ramadhan beda banget, hampir sama kayak hari-hari biasa, entah lingkungan atau perkembangan jaman yang sudah mulai berubah.

Kemarin-kemarin aku sudah bayangin, nih kalo pada sholat tarawih ya, anak-anak muda 'gaul' pasti bakal bawa handphonenya apalagi yang pke bebe pasti tuh bakal ribet sama dunianya dan ceramah sudah tidak lagi berarti di telinga mereka. Ini nih jeleknya perkembangan jaman. Aku sih kalo ke masjid sudah tak 'wanti-wanti' gak bawa hp, membuat sholat lebih khusyuk.

Anak-anak gahul yang bawa bebe, pasti selalu update status kalo misal sholat tarawih bawa bebe dan tak lupa upload foto di masjid pake mukenah atau sarung. 
"Duh, lama banget nih ceramahnya.. sudah ngantuk woii!"
"Ceramah kali ini tentang .....(blablabla..)"
"Orang sampingku ngupil, ihh jorok"
"Aduhh, anak-anak kecil ini pada ribut ajaa, mana sih emaknya"
dan masih banyak lagi. Aku bayangin uda ketawa sendiri. 

Bagiku puasa hari ini atau lusa, tergantung kita masing-masing meyakini yang mana. Aku tergantung, kalo besok pagi ada yang masak ya puasa besok haha soalnya kata ibuku di tanggalan jawa puasanya besok, jadi pas 30 hari karena puasa berakhir tanggal 18 Agustus.

Oh iya, ramadhan kali ini Alhamdulillah pertama kalinya sama Zendy. Berharap ramadhan yang menyenangkan tidak seperti ramadhan tahun lalu yang menurutku ramadhan terburuk sepanjang hidupku. Di tengah ramadhan dan setelah lebaran, Insyaallah bisa ke Jember buat silahturrahmi sama keluarganya. Terima kasih ya Allah, memberikan kebahagiaan ini, semoga di tahun-tahun berikutnya sampai ajal menjemput kami berdua masih Engkau berikan kesempatan untuk menjalani ramadhan berdua bersamanya. 

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online