Tuesday, February 23, 2010

remaja

kenapa aku ngomongin remaja??
karena aku termasuk remaja
karena teman-teman sebayaku juga remaja
dan karena aku sedang mempelajari seorang remaja dalam psikologi remaja atau pun perkembangan remaja
aku interested banget sama mata kulia yang satu ini
semua dikupas habis dalam buku, pengetahuanku bertambah dan aku semakin mengerti diriku dan teman-teman sebayaku
aku mengutip satu kalimat yang sangat aku sukai,
seorang remaja bertanya-tanya "aku mulai berpikir tentang mengapa aku memikirkan apa yang sedang aku pikirkan" (Piaget).
setelah baca kalimat itu, aku langsung mikir-mikir..iya ya kenapa aku sampe mikir sesuatu yang aku pikirkan, haha.
kadang gak masuk akal, tapi lama-kelamaan ada benernya juga.
dijelaskan juga bahwa remaja mempunyai sifat imaginary audience (merasa diperhatikan dan ingin menjadi pusat perhatian) dan the personal fable (rasa unik yang merasa bahwa tidak ada satu orang pun yang dapat mengerti perasaan mereka)
sifat-sifat itu tepat banget...aku jadi malu. hahahaha.
aku mengalami sendiri sifat-sifat itu dimana tak ada yang mengerti tentang perasaanku, semua orang disekelilingku gak akan pernah ngerti apa yang aku rasain.
dan sekarang aku mulai memahami itu semua..
aku mencoba mengerti perasaan mereka, entah orang tuaku, kakakku, pacarku, temanku.
ada suatu kejadian dimana temanku bercerita bagaimana ia ditinggal papanya untuk selama-lamanya dan menyaksikan kejadian itu langsung di depan matanya, ada juga yang bercerita bahwa mantannya jadian sama sahabatnya sendiri, pacarnya selingkuh..
aku berusaha memahami itu dan membayangkan seolah-olah itu terjadi padaku
yang gak bisa aku bayangkan,, bagaimana mereka bisa setegar itu??
aku aja gak tau apa bisa kayak mereka kalo mengalami kejadian seperti itu terlebih lagi melihat dengan mata kepala sendiri orang tuamu meninggal dalam sebuah kecelakaan dalam perjalanan mengantarkan kamu ke sekolah.
aku pasti diselimuti rasa bersalah...depresi dan bisa-bisa aku bunuh diri.
sekecil itu sudah dihadapkan kejadian seperti itu..oH my God..
benar-benar luar biasa temanku itu...begitu tabah.

oiya, aku juga sering men'jugde' pacarku bahwa dia gak pernah ngerti perasaanku
gak akan pernah bisa merasakan apa yang aku rasakan
haha....lucu juga klo tau teryata ini salah satu sifat remaja
yo maksutku kan ngasih tau dia secara gak langsung kalo sikapnya itu gak baik dan seharusnya dihindari agar tak membuatku sakit lagi.

ok lah..itu lah sekilas tentang remaja dan tentang diriku sebagai remaja.

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online